clock world

DAFTAR ISI

Kamis, 23 Juni 2011

SUMBER MAKANAN UNTUK MENGATASI ANEMIA

Ubi Jalar Merah (klik di sini untuk mengetahui tentang ubi jalar),merupakan sumber betakaroten yang murah dan tersedia dimana mana,baik yang mentah maupun siap makan.Didalam tubuh,betakaroten diubah menjadi Vitamin A.Vitamin A inilah yang akan membantu memobilisasi simpanan zat besi dari dalam organ hati,untuk di edarkan ke dalam aliran darah.

Sumber lain betakaroten :
pepaya,mangga,semangka merah,melon jingga,pisang terutama pisang raja,wortel,paprika merah dan hijau,bayam (termasuk bayam merah),jagung manis,sayuran daun hijau (daun pepaya,daun singkong,daun pakis,daun melinjo,dll).

Kepiting termasuk salah satu bahan makanan kaya vitamin B12.Dengan bantuan asam folat,vitamin B12 membantu pembentukan sel sel darah merah.

Sumber lain Vitamin B12 :
ikan tuna, yogurt,daging sapi,kerang ,tiram,ikan sarden.

Hati Ayam mengandung banyak sekali zat besi.Dibanding makanan nabati,makanan hewani lebih kaya zat besi.Selain itu,kandungan zat besinyapun lebih mudah diserap tubuh.Zat besi berperan penting pada pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah.

Sumber lain zat besi :
kelp (tumbuhan laut),ikan,daging (sapi,babi,kambing),kerang,jeroan,telur (kuningnya),nasi beras merah,aneka sayuran daun hijau,beragam kacang kacangan kering dan hasil olahannya(kacang merah kacang tolo,kacang
hijau,kedelai,tahu,tempe,susu kedelai),bit,salak,pepaya,kedondong.
Salmon mengandung banyak vitamin B6.Salah satu anggota kelompok Vitamin B Kompleks ini diperlukan untuk pembentukan hemoglobin.

Sumber lain Vitamin B6 :
alpukat,mangga,pisang,ubi jalar merah,nasi beras merah,ayam,ikan tuna,kentang,bokcoy.

Jeruk orange berlimpah asam folat.Santapan kaya asam folat membantu memulihkan tubuh dari anemia akibat kekurangan asupan folat.Sayangnya pemasakan merusak sebagian besar asam folat.Karena itu,asupan asam folat dari makanan yang disantap tanpa di masak,lebih dianjurkan.Asam folat paling banyak ditemukan pada sayuran daun seperti bayam,kale,bit,asparagus,brokoli.Folat berasal dari kata folium (bahasa latin)yang artinya daun,karena asam folat memang secara alami banyak terdapat pada sayuran daun.

Sumber lain asam folat:
alpokat,kol,kacang kacangan kering dan hasil olahannya,seperti kacang merah,kacang hijau,tempe,tahu,susu kedelai,brokoli,bayam,asparagus.

Kuning telur menyimpan segudang vitamin E,namun jangan berlebihan (tidak lebih dari 3 butir per minggu)karena kandungan kolesterolnya cukup tinggi.Sayangnya peranan vitamin E dalam sel darah merah belum banyak diketahui.Namun kekurangan vitamin E telah diketahui dapat mengakibatkan amemia hemolitik,yakni anemia akibat pecahnya sel sel darah merah.

Sumber lain vitamin E: brokoli,alpokat,mangga,kacang tanah,biji bungam matahari,almond,kenari.

Cabai merah dan cabai rawit banyak mengandung vitamin C,jika di santap mentah.Caranya di ulek dan di santap sebagai sambal merah.Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dan mengubah asupan asam folat menjadi folat aktif sehingga mudah diserap tubuh.

Sumber lain Vitamin C :jambu biji lokal,stroberi,pepaya,mangga,belimbing,jeruk,rambutan,sirsak,kol yang disantap mentah.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar