clock world

DAFTAR ISI

Jumat, 22 April 2011

Anemia (Kurang Darah)

Anemia adalah dimana kadar sel sel darah merah dan hemoglobin dalam darah kurang dari normal hemoglobin terdapat dalam sel sel darah merah, dan merupakan pigmen pemberi warna merah sekaligus pembawa oksigen dari paru paru ke seluruh sel sel tubuh.Oksigen ini akan digunakan untuk membakar gula dan lemak menjadi energi.Paru paru dan jantung juga terpaksa kerja keras untuk mendapatkan oksigen dari darah yang menyebabkan nafas terasa pendek,karena jaringan tubuh kekurangan oksigen.Anemia juga sering di sebut dengan kurang darah.

Gejala gejala anemia :
1. Lemah,lesu,pusing,mudah marah atau sulit konsentrasi.
2. Pucat,terutama pada guzi dan kelopak mata atau bawah kuku.
3. Jantung berdebar, nafas pendek.
4. Sariawan mulut atau lidah, bilur bilur,atau pendarahan tidak biasa.
5. Mati rasa atau kesemutan di daerah kaki.
6. Mual dan diare.

Jika anda mengalami gejala lemah lesu berkepanjangan, sebaiknya periksa diri anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Setelah anda periksa darah ke dokter,pengobatan bisa bervariasi tergantung pada diagnosisnya.Jika anda sering mengalami menstruasi berat, mungkin anda mempunyai resiko anemia.
Anak yang kelebihan (sering mengkonsumsi, lebih dari 2 gelas per hari) susu sapi komersial dapat menyebabkan anemia.Kebutuhan zat besi wanita dewasa 2 kali lipat daru kebutuhan zat besi pria.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar