clock world

DAFTAR ISI

Minggu, 03 Juli 2011

WASIR

Wasir (hemoroid) adalah varises (pembesaran pembuluh darah) yang terjadi di ujung bawah usus besar atau yang biasa disebut dengan anus atau dubur.Wasir juga sering kita kenal dengan sebutan ambeien biasanya dialami/diderita oleh orang yang memiliki kebiasaan berdiri atau duduk terlalu lama,sering mengangkat beban berat,malas melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainya,tidak menyukai sayuran serta buah buahan segar,tidak bisa buang air besar secara teratur,dan kegemukan.
Keluhan biasa di alami penderita wasir adalah rasa panas di anus,bercampur ngilu dan gatal.Rasa gatal ini semakin menjengkelkan karena tidak bisa digaruk.Pada penderita yang akut,rasa tidak nyaman ini masih ditambah lagi dengan ganjalan di anus.Dikarenakan ganjalan ini yang sudah membesar dan mengeras,biasanya penderita mengalami sulit buang air besar,dan disertai rasa sakit sekali.Terkadang karena proses buang air besar yang menyakitkan, juga kadang sering mengalami pendarahan di sekitar anus,akibat dari dorongan terlalu kencang mengejan membuat serabut halus pembuluh darah yang terdapat di sekitar anus pecah.

Derita wasir bermacam macam peringkatnya,mulai dari kelas ringan hingga kelas berat.

-Kelas/stadium 1
anus yang terasa gatal disertai pendarahan pada saat buang air besar.

-Kelas/stadium 2
rasa gatal sudah bercampur ngilu,dan di anus muncul sekawanan bintitan sebesar kedelai.

-Kelas/stadium 3
anus dihiasi benjolan benjolan seujung jari kelingking yang menyembul saat buang air besar tapi segera masuk sendiri begitu usai buang hajat.

-Kelas/stadium 4
bejolan pada kelas 3 tidak mau kembali lagi ke tempat asalnya,sehingga harus didorong dengan paksa.Biasanya jika buang hajat disertai pendarahan dan rasa sakit yang hebat.

-Kelas/stadium 5
Benjolan pada kelas 4 walaupun sudah didorong paksa,benjolan tetap saja tidak mau masuk.Karena sudah membengkak dan mengeras.Biasanya jika buang hajat disertai pendarahan dan rasa sakit yang hebat.

Jika penderita masih dalam kelas 1-3,masih mungkin disembuhkan sendiri dengan tanaman obat,dan untuk mengatasi benjolan  bandel pada kelas 4-5 harus diserahkan ke ahlinya/dokter.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar