clock world

DAFTAR ISI

Sabtu, 19 Februari 2011

Petai

Petai merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.Buah yang satu ini memiliki aroma yang kurang sedap.Jika anda doyan menikmati petai bersiaplah untuk mengalami bau mulut dan bau urine.Di daerah Jawa Barat,petai dikenal dengan nama peuteuy. Di daerah minangkabau di sebut patai,di daerah Madura dikenal dengan peteh,orang Lampung menyebutnya petar,dan di daerah Dayak dikenal dengan peti,di Bangka dikenal dengan petay.
Banyak hasil penelitian dari Barat tentang petai,bahwa petai mempunyai kandungan nutrisi yang luar biasa,dan bermanfaat sebagai obat alami.Selain sebagai antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam penyakit,petai dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dan menghilangkan depresi.
Petai juga mengandung serat yang cukup tinggi.Petai juga mengandung tiga jenis gula,yaitu glukosa,sukrosa,dan fruktosa.Kombinasi serat dan gula tersebut menghasilkan energi siap pakai,sehingga menjadikan petai sebagai sumber energi instant yang 
handal dan tahan lama,karena energi tersebut bisa bertahan selama 90 menit.
Menurut kedokteran Cina,petai termasuk buah yang memiliki energi yang bersifat Yin (dingin).Karena itu petai di percaya mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi.Juga dianggap mampu menenangkan perut dan saraf.Petai juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi lambung dengan cara melapisi permukaan dalam lambung.
Petai juga mempunyai efek antacid,jadi jika anda merasa dada panas disebabkan kebanyakan makan,santaplah petai untuk mengurangi rasa tidak nyamam tersebut.
Hasil penelitian dari Barat menyebutkan bahwa,petai memiliki kadar protein 4 kali lipat lebih tinggi dari buah apel.Karbohidrat dua kali lipat dari apel,fosfor 3 kali lipat dari apel.Petai juga mengandung vitamin A,zat besi,dan vitamin C.

Dari berbagai hasil penelitian para ahli dari luar negeri,ada beberapa khasiat petai antara lainnya:

-Depresi.Petai mampu mengatasi depresi karena mengandung protein triptofan yang didalam tubuh di ubah menjadi serotonin.Serotonin dapat membuat kita relaks,dan dapat membuat kita lebih berbahagia.
-PMS (Premenstrual syndrome).Berbagai perasaan tidak nyaman menjelang menstruasi seperti migren atau sakit kepala,uring uringan,sakit di bawah pusar,dll.Dapat diredakan dengan petai.Ini karena petai mengandung Vitamin B6 yang bersifat menenangkan dan mengatur kadar gula darah.
-Anemia.Kandungan zat besi yang tinggi dalam petai,dapat menstimulasi produksi sel sel darah merah sehingga petai dapat meredakan anemia.
-Tekanan darah tinggi.Petai mengandung kadar tinggi kalium tapi rendah garam sehingga mampu memerangi tekanan darah tinggi.Begitu sempurnanya kadar kalium yang ada pada petai,sehingga FDA Amerika (BPOM nya Amerika) mengizinkan perkebunan petai melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke.
-Sembelit.Kandungan serat yang tinggi,membuat petai mempermudah buang air besar (BAB) dan masalah masalah pencernaan lainya.
-Kekenyangan.Petai memiliki efek antacid,membuatnya mampu meredakan rasa tidak nyaman (panas di dada) yang disebabkan kekenyangan.
-Mual di pagi hari.Makan petai diantara jam makan akan membuat kadar gula stabil dan terhindar dari mual dan muntah.
-Gitan nyamuk.Tidak perlu obat anti nyamuk,gunakan saja bagian dalam kulit petai.Gosok pada kulit anda,maka nyamuk akan menghindari anda.
-Mengatur suhu tubuh.Sebagai buah yang memiliki energi Yin (dingin),petai dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi,terutama bagi ibu hamil.
-Luka lambung.Petai mampu menjaga kesehatan pencernaan dengan menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi.
-Merokok.Petai dapat membantu anda untuk berhenti merokok.Vitamin B6 dan B12 bersama kalium dan magnesium yang dikandung petai dapat membantu anda menyembuhkan efek ketagihan rokok.
-Stres.Disaat kita stres,tubuh akan kehilangan mineral kalium.Dengam menyantap petai yang kaya kalium,maka kadar kalium dalam tubuh akan cepat diseimbangkan kembali.
-Stroke.Hasil penelitijn yang amat dalam The New England Journal Of Medicine menyatakan bahwa menyantap menu petai sehari dapat memurunkan resiko stroke sampai 40%.

Kandungan Gizi Petai Per 100 gram bahan biji segar.Menurut Daftar Komposisi Bahan Makanan Departemen Kesehatan RI

Energi          : 142 kkal
Protein         : 10,4 gr
Lemak          : 2,0 gr
Karbohidrat  : 22,0 gr
Kalsium         : 9,5 mg
Fosfor          : 115 mg
Zat besi        : 1,2 mg
Vitamin A       : 200 UI
Vitamin B1     : 1,17 mg
Vitamin C       : 30 mg
Air                : 60,5 gr

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar