clock world

DAFTAR ISI

Kamis, 17 Februari 2011

Ki Urat

Si kecil berjuta manfaat. Tanaman yang satu ini sudah sangat sering anda lihat,karena ki urat tumbuh di mana saja,di tempat lembab,tempat kering,perkebunan,bahkan diantara tanaman liarpun ki urat juga bisa tumbuh.Dari seluruh bagian ki urat,daunnyalah yang paling banyak dimanfaatkan sebagai obat.
Menurut data dari berbagai sumber,ki urat berasal dari Inggris yang kemudian menyebar keseluruh Eropa Barat.Dan kini tanaman ki urat tumbuh,dan dimanfaatkan di seluruh dunia.Di Jakarta dikenal dengan ki Urat,daun urat,dan daun sendok.Di daerah Jawa Barat dikenal dengan nama ki urat atau ceuli until.Di Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan nama daun centong,meloh kilot,otot ototan,sangkuwah,sangkubah,atau sembung otot.Nama latin dari ki urat adalah Plantago Major.
Secara medis(ilmu kedokteran) ki urat mempunyai khasiat mendinginkan,sedatif(menenangkan),anestetik (menghilangkan rasa sakit),antitoksin (menghilangkan efek dari racun tertentu),antihistamin(anti alergi),antiinflamasi(antiradang),antibakteri,antitumor,diuretik (meningkatkan pengeluaran urine),antimikrobial(membantu tubuh melawan infeksi),antiviral(membunuh atau menghambat pertumbuhan virus),dan ekspektoran(mengencerkan dan mengeluarkan lendir dari paru paru).
Pada penelitian labolatorium,ki urat terbukti menurunkan konsentrasi plasma lipid,kolesterol,dan trigliserid yang mengalami pengerasan pembuluh darah.Selain itu ki urat juga terbukti mampu menghancurkan batu empedu.
Kandungan kimia alami obat pada ki urat antara lain Mucilage atau lendir tanin (zat yang mengerutkan jaringan),dan beberapa jenis flavonoid,diantaranya epigenin,yang berkhasiat menghambat pertumbuhan tumor dana aucubin,yang berkhasiat hepatoprotektor,melindungi sel sel dari kerusakan.Ki urat juga mengandung kalium dan kalsium yang tinggi serta Vitamin C dan Vitamin A.Ki urat juga dapat menghilangkan kebiasaan merokok,meningkatkan vitalitas seksual pada pria.
Di negara India,biji ki urat sudah lama dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur.Biji ki urat dapat meningkatkan kekuatan seksual,dan melancarkan buang air besar.
Sekarang ini sudah banyak toko obat(apotik) yang menjual tanaman ki urat(berbentuk pil,kapsul,serbuk,dll)tapi sayang khasiatnya sudah sangat berkurang karena proses yang tidak sesuai.Teh ki urat yang baik mutunya adalah yang masih berwarna hijau,teh yang sudah berwarna kehitaman atau kecoklatan tidak akan memberi manfaat yang maksimal.
Daun ki urat dapat menghambat penyerapan obat,karena itu jika anda mengkonsumsi obat obatan,sebaiknya tunggulah 2 jam sesudah mengkonsumsi ki urat.Begitu juga,karena ki urat mempunyai khasiat diuretik,yang mengakibatkan banyak mengeluarkan air seni,untuk mencegah dehidrasi,perbanyak minum air putih,minimal 10 gelas(1 gelas=200 ml) sehari.




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar