clock world

DAFTAR ISI

Kamis, 10 Februari 2011

Khasiat Lengkuas

 
Lengkuas, merupakan salah satu tanaman obat yang banyak khasiatnya,terutama rimpangnya. Lengkuas biasanya banyak di tanam di pekarangan rumah.tanaman lengkuas ada dua macam,yaitu lengkuas merah dan lengkuas kuning.lengkuas merah banyak digunakan untuk obat,sedangkan lengkuas kuning digunakan sebagai penyedap dan pengawet makanan.di daerah daerah Indonesia lengkuas dikenal dengan berbagai nama,di Jwa dan di Madura dikenal dengan Laos,di tanah sunda dikenal dengan laju atau laja,didaerah melayu dikenal dengan nama lengkuas,di Sumatra dikenal dengan lenguweh,lawas.
            Lengkuas dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Saat panen yang tepat untuk lengkuas adalah di awal musim kemarau atau di akhir musim hujan.karena pada saat itu kandungan aktif rimpang berada dalam keaadan puncaknya,dan akhirnya menurun dan habis diserap sebagai makanan cadangan dipertengahan musim kemarau.
            Lengkuas mengandung minyak menguap(pinen,kamfer,sineol,eugenol)galangin,galangol. Lengkuas dengan jenis umbi merah baisa digunakan untuk pengibatan tradisional yang berfungsi sebagai antioksidan dan hepato protector (melindungi liver).
            Lengkuas berkhasiat anti jamur(seperti untuk mengtasi panu,kurap,eksim),anti bakteri,obat demam karena radang lambung dan memperkuat lambung,mengempeskan pembesaran limpa,membersihkan darah,menambah bafsu makan,pengencer dahak,dan penambah vitalitas suami istri(afrodisiak).lengkuas juga bersifat menyegarkan sehingga cocok digunakan sebagai the herbal.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar