clock world

DAFTAR ISI

Rabu, 23 Februari 2011

Stroberi

Sejak ribuan tahun yang lalu,bangsa Romawi kuno sangat memuja stroberi karena manfaatnya mengobati berbagai penyakit,seperti mengobati kulit yang terbakar matahari,memutihkan gigi,gangguan pencernaan,dan gout.Setelah kejatuhan bangsa Romwi,gaung ketenaran stroberi mulai menghilang di eropa.Buah stroberi tidak hanya enak untuk di santap,juga berkhasiat untuk melibas berbagai penyakit.

Kemampuan stroberi menyembuhkan berbagai penyakit terutama disebabkan oleh kandungan antioksidan yang sangat tinggi.United State Department of Agriculture (USDA) membuktikan bahwa kekuatan antioksidan stroberi dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas,menduduki posisi kedua tertinggi dari 24 jenis buah dan sayuran yang diuji.
Menurut Dr. Gene Spiller dari Nutrition an Health Research Center,setelah 40-60 menit menyantap stroberi,kadar antioksidan tubuh mencapai puncak.Ini menunjukan bahwa antioksidan stroberi di serap secara efisien oleh tubuh.
Stroberi mengandung Vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi,bahkan lebih tinggi di banding Vitamin C yang terkandung dalam jeruk.Vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk memperlambat proses penuaan(aging),menurunkan resiko penyakit jantung,kerusakan otak,arthritis,mentrunkan resiko kanker usus.Menurut Dr.Gene Spiller mengatakan bahwa menyantap 8-9 stroberi setiap hari akan menurunkan tekanan darah,dan resiko penyakit jantung.Stroberi juga kaya kalium yang berperan mengatur elektrolit tubuh,mengatur denyut jantung,menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung.Stroberi juga kaya asam folat,sehingga dianjurkan di konsumsi para ibu hamil untuk mencegah kerusakan otak bayi dalam kandungan.
Kandungan serat pada stroberi dapat membantu tubuh menyerap zat gizi,menurunkan kadar kolesterol di organ hati dan mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh.Serat ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes karena beperan menyeimbangkan kadar gula darah.
Dari abad ke 13,stroberi sudah dikenal sebagai buah afrodisiak karena kemampuannya untuk meningkatkan libido.Menurut Dr Patrick Holford,biji stroberi kaya akan mineral besi yang dapat meningkatkan testosteron pada pria dan membantu wanita mendapatkam mood untuk bercinta.Dan Vitamin C pada stroberi dapat memperlancar aliran darah menuju organ seksual.
Stroberi bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti menghaluskan kulit dan mengobati kulit yang terbakar sinar matahari.Stroberi adalah obat jerawat alami karena mengandung asam salisilat yang berperan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit.Masker daging buah dan jus stroberi sangat dianjurkan untuk kulit berminyak karena dapat memperbaiki tekstur,mengurangi minyak,menyehatkan dan mencerahkan kulit.Potongan stroberi juga bisa digunakan untuk mengompres mata yang bengkak.
Buah stroberi mengandung zat pemutih alami yang lembut yang mampu menghilangkan noda teh atau kopi pada gigi.Mengunyah stroberi setiap hari juga dapat mencerahkan gigi,memutihkan gigi,dan bebas dari bau mulut.Untuk penderita gangguan kelenjar tiroid berupa pembengkakan kelenjar atau gondok sebaiknya menghindari konsumsi stroberi.Stroberi juga bisa memicu alergi pada beberapa orang,gejala alergi bisa berupa gatal pada kulit,sakit kepala,pilek,mata gatal,sakit perut,hiperaktif,insomnia dan depresi.
Kandungan oksalat pada stroberi akan membentuk kristal,sebaiknya penderita gangguan ginjal dan empedu menghindari konsumsi stroberi.Oksalat juga bisa mengganggu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Kandungan Gizi Stroberi per 100 gram

Energi         : 37 kkal
Karbohidrat : 8,3 gr
Protein        : 0,8 gr
Lemak         : 0,5 gr
Serat          : 3 mg
Kalium         : 220 mg
Vitamin C     : 60 mg

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar